TIPS MEMBELI KOMPUTER BEKAS BUAT ORANG AWAM

Berdasarkan Pengalaman Pribadi
Komputer adalah Perangkat penting dalam mempermudah kita bekerja dijaman sekarang ini.diakui, masyarakat semakin banyak yang membutuhkan komputer entah itu untuk keperluan bekerja tulis menulis Game atau sekedar ingin belajar komputer sehingga memutuskan untuk beli komputer. Namun nyatanya masih banyak orang orang sangat awam dengan komputer walaupun dalam keseharian sudah tidak asing lagi dengan kata KOMPUTER. Kenapa saya bilang begitu?
Suatu hari berdasakan pengalaman saya sendiri di tokokomputer kecilan yang saya buka.Ada Bapak-bapak dengan mobil lumayan mewah dengan KOSTUM perlente(saya anggap begitu)mampir ke toko saya dan terjadilah dialog:(.Maaf untuk bapaknya. saya angkat Kisahnya disini dengan maksud untuk pembelajaran bersama).
Bapak     : Mas Disini jual Komputer?
Saya jawab    : ya Pak. Bisa Saya bantu?
Bapak      : iya mas tolong saya carikan Komputer yang Flat Lcd yang bermerk SAMSUNG”
Saya        : Maksudnya mau pake LCD Samsung?
Bapak     : ya mas Pake Samsung
Saya        : Speck nya pak?
Bapak    : gak pake Speck mas Komputer aja..
Saya        : He ( diam sejenak gak tau mau omong apa takut buat malu  Bapaknya.)Saya trus mikir mungkin orang ini awam dengan komputer maka saya   jelaskan singkat
                “ Maksud saya isi didalam CPU mau yang gmana? Minta Procie apa? Ram Berapa .Hd      Berapa ,vga card atau onboard.dll.Setelah aku jelaskan begitu apa yang terjadi?
Bapak    : Mas Kalau Ditanya begitu aku gak dong sama sekali
                       Saya siapkan Komputer aja Yang Bermerk Samsung. Gitu aja  mas.
Saya          : tersadar kesalahan saya karena pertanyaan saya yang berniat menjelaskan malah bapaknya semakin bingung.) Yadah pak Komputer mau buat apa, dan yang harga berapa?( maksudnya kan bisa saya arahkan kalau bapaknya berniat buat GAME untuk anaknya
Bapak    : Loh kok mase malah balik Tanya?
Saya         : ( Aduh rasanya mau kebelakang trus jongkok ambil rokok)
                        Inipak CPU+ LCD 19 Inci Merk Samsung ( LCDnya bermerek Samsung.Cpu hasil rakitan) harga Rp-----( maaf tidak saya tulis sini)kebetulan aku gak punya CPU BUILT UP Merk  Samsung
Bapak    :Oke ( Suer tanpa Nawar…hehehehe) Sejenak kemudian dia tanya? Mas Loh ini apanya? ( sambil Menunjuk Ke CPU.)
Saya         : he( aduh bakal lama nih pembicaraan)
Ya itu komputernya pak Namane CPU kalau Itu (menunjuk Ke LCD )monitornya.
Kecuali bapak mau ambil Deskbook Tapi disini tidak ada( tanpa menjelaskan tentang deskbook)hehe
Bapak      : ya udah gpapa mas, tapi fungsinya sama to?
Saya          ; ya..sama pak.

Dari dialog diatas saya mengambil kesimpulan ,masih banyak orang yang tau kata komputer tapi tidak tau apa itu komputer.
Jadi untuk menjaga agar tidak terjadi kesalah fahaman diantara penjual dan pembeli maka aku share TIP kalau mau beli komputer Bekas!!bagi yang awam komputer

  • Tanyakan GARANSI dari sebuah toko,biasanya dari toko ada garansi 1 minggu untuk computer bekas. ( ditempatku bonus jadi2 minggu )
  • Prosesor ,Ram, Vga. cocok gak sama yang dikatakan Penjual.Didalam Windows  dapat dilihat kok spesifikasi komputer secara singkat pada System Properties, Dxdiag  dan beberapa tool lain( saya jelaskan lebih rinci pada postingan berikutnya)
  • Cek pada monitor / LCD .tombol2 pada monitor atau lcd . Ada Dead Pixel gak.( bercak Putih) Warna dalam Lcd Natural apa gak? Hidup normal gak( baca Tip TEST LCD berikutnya)
  • Keyboard mouse (biasanya  BARU jadi dicek gak papa gak juga gapapa ada garansi 1 bulan kok) tapi kalau cek singkat pastikan seluruh  tombol pada keyboard masih berfungsi dengan baik, klik http://jurpiye.blogspot.com/2014/12/trik-mengetahui-kehandalan-keyboard-anda.html
  • Cek  port ps2 keyboard dan mouse dengan key/mouse ps2 tentunya . itu yang bentuknya bunder.warna hijau mouse wanra abu2 keyboard.
  • Cek USB dengan Flasdisk atau key/maouse Usb
  • Klau memungkinkan Cek Rj 45 port untuk LAN koneksi internet.
  • Cek Power Di PSU cara ( baca cara cek PSU di postingan berikutnya)
  • Cek DVD / Cd Rom Berfungsi dengan baik gak ( baca TEST CD/DWD rom rw)
  • Dihidupkan.Lihat dari pertama Start Up ( mau hidup ) ,hidup ( standby)sampai shutdown mati Sempurna. ada kendala tidak? ( baca Kendala2 dalam Booting ,standby dan Shutdown)

Itulah TIPS sederhana bagi pemula jika akan beli komputer bekas .untuk TIP membeli tingkat tingkat lanjut bisa saya share lain
Terimakasih semoga bermanfaat

Posting Komentar

  1. foto 25-35mm yg belum pernah dipakai
    ( Belum ad gambar )
    -film percetakan poster
    -film majalah
    -film koran
    -film buletin
    -film ex rontgen
    -film ex perusahaan pertambangan
    -sendok ex maskapai penerbangan ( yg ad silver coating )
    -kontaktor rusak
    -breaker rusak
    -air fixer
    -mesin hp cina / samsung dsb ( harus dipisah )
    -papan jalur
    -plastik keyboard
    -micron
    -minyak jelantah
    -autan / soffell
    -Serba komputer / server / pabx / processor dll
    -serba jerigen ukuran 5L , 20L , 30L , drum plastik 100L & 200L
    -drum besi 200L kondisi lengkap
    -aki rusak bekas mobil , motor , truk , forklift , tower telkom
    -serba kertas duplex , hvs , dsb ukuran plano
    -serba biji plastik sudah giling / belum digiling , kulit kabel jenis PE GILA , PVC
    -limbah lain nya

    Dibeli uang :
    * pecahan rp.100.000 polimer tahun 1999 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    - kirim gambar lengkap
    - Sebutkan seri 3 huruf depan nya
    - jumlah minimal 1 brut
    - nomor seri uang berurutan

    *pecahan rp.100 perahu layar tahun 1992 / 1992 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    - tulisan "perahu layar"
    - nomor seri uang dari kecil ke besar

    *euro salaman pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    *euro gedong panjang pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    ***barang yg sy beli :
    -tidak melayani tanya
    jawab harga apapun.
    -kirim gambar lengkap.
    -alamat lokasi barang disebutkan.
    -sebut harga jual langsung.

    Jangan tawarkan barang kpd sy :
    -tanah
    -rumah
    -kapal
    -besi
    -kendaraan
    -gedung
    -pabrik
    -mall

    Dijual barang :

    - kayu gaharu jenis AB , CHIPS , SERBUK , KEMEDANGAN , DEKOR , GAHARU FOSIL , dsb untuk kebutuhan export , bibit minyak wangi , dupa , dll..
    **KAPASITAS SUPPLY MULAI 20KG SAMPAI 1 TRUK FUSO
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )..

    -serba ban bekas kendaraan umum / alat berat , dsb kondisi apa adanya & sudah dibelah 2..
    **Kapasitas supply 10-40 ton per 1 x kirim
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    -kaleng bekas minuman pocari sweat , larutan kaki 3 , sprite , dsb..
    **KAPASITAS SUPPLY 100 TON PER 1 BULAN
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    catatan : Hanya harga barang yg cocok dibeli ssuai bidang sy

    Salam sukses untuk semuanya

    HUBUNGI SEGERA VIA SMS / CALL / WHATSAPP :

    089650091317
    BENI

    BalasHapus
  2. Trims ya,
    Sharing infonya bermanfaat.

    Boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
    Langsung Cek di https://irhammaulanaagres.wixsite.com/home

    BalasHapus

 
Top